Sabtu, 31 Maret 2012

Mengatasi Blog Yang Terkena Malware

Posted by alex marz 06.02, under ,, | No comments


Mengatasi Blog Yang Terkena Malware

Kemarin blog ini mendapat hadiah dari google, namun bukan karena diterimanya google adsense tapi berupa reported attack page yang menyebabkan blog Cerita Anak Kost di block oleh google. Blog ini dikira mengandung malicious software, ya mungkin kita biasa mengenalnya dengan malware. Namun apa boleh buat, walaupun saya berkilah tetap saja si-google yang punya kuasa, di yang menentukan semuanya.

Namun di balik itu semua saya jadi punya pengalaman baru, kalau bang Asis sugianto sempat terpuruk karena foto dalam blognya di hapus sepihak oleh photobucket dan bang wongcrewchild blognya di hapus oleh google, blog saya di indikasi malware. jadi setiap orang mengalami pelajarannya sendiri sendiri, tapi tak lengkap kalau saya tidak berbagi pengalaman ini supaya teman tameman blog yang lain juga dapat menghindari kejadian serupa.

Bagaimana Mengatasi Blog Yang Terkena Malware adalah sebagai berikut:

Mengatasi Blog Yang Terkena Malware
  1. Periksa Penyebab malwarenya
    Untuk mengetahui penyebab malware, diketahui dari halaman awal blog yang terkena malware.  pastikan kita mengingat apa yang kita pernah lakukan, biasanya tentang widget atau dari memodifikasi template download. Kedua kita juga bisa melihatnya di webmaster, pilihannya di Diagnostik, malware. tampilannya akan sebagai berikut.

    Mengatasi Blog Yang Terkena Malware

    Pada webmaster juga di sebutkan apa penyebabnya, di tulis pada kolom tersebut. kita perlu memahami sumber malware tersebut dan kemudian menghapusnya.
  2. Hapus Sumber Malwarenya
    Pastikan scrip yang kita gunakan bersih, kalau kita tidak yakin, kita bisa mencarin scrip tersebut di
    Desain, edit HTML (expand widget) kemudian find '.js' itu merupakan scip yang kita gunakan. dari penyebab malware tersebut, kita cari dalam blog kita kemudian kita hapus semua. Kalau memang di perlukan, anda bisa menganti tempalate baru agar semua scrip yang kita gunakan bersih. dan pastikan untuk tidak mengunakan widget yang pernah kita pasang, biarkan lah apa adanya telebih dahulu sampai blog kita kembali di buka oleh google.
  3. Minta review dari google
    Setelah kita hapus, kita bisa meminta review kepada google agar blog kita di buka kembali. kalau memang sudah terkena malware, maka pada opion diagnostik google akan di beritahu, dan disana pula ada kolom review. pilih (centang) kalimat saya menyatakan bahwa blog telah bersih, selanjutnya klik Ok.
  4. Tunggu sejenak
    Setelah kita mengajukan permohonan, tidak langsung blog kita di buka dari notifikasi malware. kita harus sabar menunggu sampai google menyatakan blog kita bersih (cukup lama, bisa seharian). sambil menunggu kita bisa merenung bahwa kita sebenarnya tidak memiliki apa apa, sehebat apapun kita kalau seandainya kematian datang, semua akan sirna. sama seperti itu dalam blog, sehebat apapun blog yang kita ciptakan, mungkin jutaan uang telah di hasilkan, semua akan sirna manakala blog kita hilang. Dan dari sinilah kita belajar untuk bisa mengiklaskan segala sesuatu dan merenung atas niat kita dalam mencipatakan blog.
Setelah penantian, anda bisa melihat kembali blog anda dan tidak ada salahnya mengucapkan syukur. bagi teman teman yang belum mengalami hal ini dan tidak ingin terjadi demikian. priksa selalu kesehatan blog anda di webmaster, atau anda bisa mengunakan SafeBrowsing dengan memasukan data berikut pada url browser.
http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=namadomain.com
Saya teringat kalimat seseorang yang mengatakan 'Segala musibah yang tidak membuatmu mati, pasti akan membuatmu lebih kuat'. Trimakasih, semoga pengalaman saya yang sederhana ini bisa memberikan warning agar selalu waspada. dan apa yang saya tulis ini semoga tidak akan pernah anda praktekan.

0 comments:

Posting Komentar

AbouT Me

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Ingin Belajar Dari Hasil Postingan Yang Saya Share Kembali, Saya Tidak Pintar ,Saya Tidak Mahir, Saya Pun Tidak Sok Tahu, Kami Ingin Lebih Mengenal Atau Kami Ingin Sekali Belajar !!

ViSiToR

-=Alex-Marz-Onlin=-

FaVoriT

Entri Populer