Rabu, 28 Maret 2012

Seagate Crystal Report 8.5

Posted by alex marz 12.00, under ,, | No comments



Sekilas Tentang Seagate Crystal Report 8.5 

Seagate Crystal Report merupakan program yang dapat digunakan untuk membuat, menganalisis dan menerjemahkan informasi yang terkandung dalam database atau program ke dalam berbagai jenis laporan yang sangat fleksibel. Beberapa kelebihan dari Seagate Crystal Report adalah :



  1. Pembuatan laporannya tidak terlalu rumit sehingga memungkinkan pemrogram pemula sekalipun untuk membuat laporan tanpa harus melibatkan banyak kode pemrograman.
  2. Terintegrasi dengan berbagai bahasa pemrograman lain sehingga memungkinkan pemrogram memanfaatkannya dengan keahliannya.
  3. Fasilitas impor hasil laporan yang mendukung format yang populer seperti Microsoft Word, Excel, Access, Adobe Portable Document Format (PDF), HTML dan sebagainya.
Elemen layar Seagate Crystal Report tidak jauh dengan elemen layar Data Report (salah satu fasilitas default yang disediaakan Microsoft Visual Basic untuk membuat laporan). Hanya saja Seagate Crystal Report dilengkapi dengan fasilitas yang lebih banyak untuk mengembangkan berbagai jenis laporan.

Pada Visual Basic 6.0, pada dasarnya Crystal report dapat diinstall secara terpisah dari folder \Misc yang merupakan versi 5.0. Menjalankan Crystal Report
1. Dari Start, pilih Programs, pilih Seagate Crystal Report.
2. Akan muncul suatu Dialog box Welcome


3. Anda dapat memilih Using Report Expert untuk pembuatan report secara step by step.
4. Step 1
5. Kemudian akan muncul dialog Choose an Expert, dan pilihlah Standard.
6. Kemudian akan muncul Standard Report Expert, yang memiliki 8 step, yaitu : Data, Fields, Group, Total, TopN, Chart, Select, Style.
7. Klik pada Database, dan akan muncul dialog Database Explorer. Klik pada Database Files, dan Double Klik pada Find Database File.
8. Pilih Pentacom.mdb, dan masukkan password yang sesuai, sehingga menjadi :

 
9. Klik pada tabel Barang, dan klik Add untuk memasukan tabel ke report.
10. Step 2
11. Klik pada Fields, dan masukkan field-field yang diinginkan. Anda dapat juga mengubah judul untuk masing-masing kolom dengan mengatur Column Heading.
12. Step 8
13. Klik pada Style, dan pada Title ketik Laporan Data Pemasok, dan pilihlah Style yang sesuai dengan keinginan anda.
14. Klik pada Preview Report untuk melihat hasil.

( Size : 171.301 kb )

0 comments:

Posting Komentar

AbouT Me

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Ingin Belajar Dari Hasil Postingan Yang Saya Share Kembali, Saya Tidak Pintar ,Saya Tidak Mahir, Saya Pun Tidak Sok Tahu, Kami Ingin Lebih Mengenal Atau Kami Ingin Sekali Belajar !!

ViSiToR

-=Alex-Marz-Onlin=-

FaVoriT

Entri Populer