Jumat, 13 April 2012

Hard Disk Drive

Posted by alex marz 06.40, under | 1 comment

Siapa yg tak kenal benda satu ini, perangkat keras yg dapat menyimpan jutaan lebih data (biasanya :D) di dalam sebuah komputer.
Atau lebih tepatnya Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
dalam bahasa indonesia disebut cakram keras, namun orang lebih suka menyebut hardisk, dan biasa ditulis singkat yakni HDD.
HDD pertama terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. namun jaman sekarang kapasitas HDD sudah ber-terra"..

Data yang disimpan dalam Hard disk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah Hard disk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Memanfaatkan suatu sinar laser berkekuatan tinggi untuk menuliskan data pada disk atau tape, dengan membakar lobang-lobang microscopic , yang dinamai pits pada permukaannya. Data kemudian dibaca dengan suatu sinar laser berkekuatan rendah. 

HDD merekam data oleh bahan magnetizing ferromagnetic terarah. Perubahan berurutan dalam arah magnetisasi mewakili pola bit data biner. Data dibaca dari disk dengan mendeteksi transisi dalam magnetisasi dan decoding data aslinya ditulis. Skema pengkodean yang berbeda, seperti Modulasi Frekuensi Diubah, merekam kode kelompok, run-length encoding terbatas, dan lain-lain.

Kinerja harddisk terkait oleh beberapa faktor: kecepatan putar disk, umumnya 5400, 7200, atau 10.000 rpm. Dan kapasitas penyimpanan harddisk. Data pada harddisk dibaca atau ditulis dengan menggerakkan head baca/tulis yang terdapat pada setiap sisi disk melintasi permukaan disk ke lokasi track data.
Komponen penyusunan harddisk terdiri dari:
  • Disk penyimpan
  • Papan rangkaian
  • Head baca/tulis
  • Kabel dan konektor
  • Penggerak head
  • Motor pemutar
  • Pengaturan setting (Jumper dan switch)

Jika dibuka, terlihat mata harddisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya kini hardisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal).


Keunggulan
  • Penyimpanan data pada media ini bersifat nonvolatile, artinya data yang telah disimpan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. 
  • Data pada media ini dapat dibaca, dihapus dan ditulis ulang.
    media ini mudah digunakan. 

Kelemahan
  • Musuh utama dari media magnetik seperti disket floppy dan hard disk adalah jamur dan karat. Karena jamur dan karat ini, maka daya tahan atau umur media ini menjadi pendek. Jika dipakai secara kontinu atau terus menerus sekitar 8 jam per hari, maka umur suatu disket floppy paling lama 1 (satu) tahun, dan umur hard disk paling lama 3 (tiga) tahun.
  • bentuknya yang bergaris-garis (track, sector), sehingga kecepatan dan kapasitas simpannya termasuk rendah jika dibanding dengan media optik.

Semoga bermanfaat . .

1 comments:

Hmmm....., Blognya Bagus,Cantik... Sip deh...

Posting Komentar

AbouT Me

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Ingin Belajar Dari Hasil Postingan Yang Saya Share Kembali, Saya Tidak Pintar ,Saya Tidak Mahir, Saya Pun Tidak Sok Tahu, Kami Ingin Lebih Mengenal Atau Kami Ingin Sekali Belajar !!

ViSiToR

-=Alex-Marz-Onlin=-

FaVoriT

Entri Populer