Kamis, 23 Januari 2014

Melakukan Intalasi Home Theater

Posted by alex marz 21.49, under , | No comments

Pengertian Home Theater
¤ Home : Rumah
¤ Theater : Bioskop
Home theater adalah merupakan kombinasi dari perancangan komponen elektronik untuk menciptakan pengalaman menonton film dalam suatu ruangan theater yang mengasyikkan yang ada didalam rumah.
Keuntungan mengunakan home theater:
¤ Salah satu perbedaan terbesar adalah pengalaman suara.
¤ Komponen utama kedua bioskop adalah ukuran layar film yang besar.
¤ Menonton lebih nyaman karena dapat menonton semua gambar maupun suara dengan baik
Elemen - Elemen minimum Home Theater:
¤ Layar televisi yang besar (sekurang - kurangnya 27 inchi diukur secara diagonal) dengan gambar yang jelas.
¤ Sekurang - kurangnya menggunakan 4 speaker.
¤ Pemecah sinyal suara surround dan pengirimannya ke speaker.
¤ Peralatan player atau film broadcast dengan suara surround, terutama dengan gambar yang jernih.
Kebutuhan pembuatan home theater didalam ruangan:
¤ Layar Peraga
¤ Tempat meletakkan layar
¤ Proyektor video
¤ DVD Player
¤ Amplifier Stereo Atau Penerima Stereo
¤ Dua Kanal Dua Speaker
¤ TV Berdiri atau Rak
¤ Kabel Power dan Surge Suppressor
¤ Kabel dan Pengawatan Speaker
¤ Bioskop
¤ Makanan
Dasar - dasar suara surround:
Untuk mencapai sistem suara surround, diperlukan 2 sampai 3 speaker ditempatkan:
¤ Di depan:
kegunaannya adalah memberikan sensasi gerakan suara, dimulai dari depan dan berpindah ke belakang.
¤ Di tengah (samping kanan dan kiri)
kegunaannya adalah ketika dimainkan semua dialog & suara depan mempengaruhi sehingga nampak seperti berasal dari tengah layar televisi.
¤ Di belakang:
kegunaannya adalah untuk memenuhi variasi kegaduhan latar belakang film seperti anjing menyalak, gemericik air, suara pesawat terbang yang melayang di atas kepala.

Peralatan Peralatan untuk membagun home theater
1.Fungsi Monitor
   Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara dan/atau imej, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kad grafik. Tedapat empat jenis Monitor, iaitu Monitor monokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD

2.fungsi surround amplifier
Tentunya anda sudah sering mendengar dengan istilah surround pada bidang audio. Teknologi saat ini khususnya pada perangkat elektronik audio, terkadang dilengkapi dengan fasilitas surround. Surround adalah teknologi untuk menghasilkan efek suara seperti mengelilingi pendengarnya, seolah-olah kita berada di tengah adegan ataupun kita seperti terlibat peran dalam sebuah film.Format Suara Surround Home Theater


3 . Accoustic Field Generator
     ini membangkitkan suara akustik dengan efek surround yang disesuaikan dengan standar DOLBY SURROUND, mampu menghasilkan suara surround yang cukup baik namun tidak terlalu banyak membutuhkan dana.Perkembangan teknologi seakan tidak hanya tertuju pada satu bidang saja namun pada semua bidang
.
Pada dasarnya sebuah Accoustic Field Generator dibangun dari rangkaian op-amp dan filter-filter. Op-amp yang biasanya digunakan sebagi penguat tegangan dalam Accoustic Field Generator lebih banyak digunakan sebagai filter-filter aktif

4. Front Speaker
    Front speaker merupakan jenis speaker yang memiliki fungsi ganda. Selain untuk membantu menyalurkan efek sinyal audio multikanal, speaker juga menghadirkan efek suara stereo yang memiliki peran besar dalam tata suara home theater. Letakkan front speaker di bagian depan dengan posisi membentuk sudut ke arah posisi Anda. Usahakan front speaker kiri dan kanan memiliki jarak yang sama jauh dari speaker center.

5. Center Speaker
     Sesuai namanya, center speaker memang diposisikan tepat berada di tengah-tengah posisi duduk Anda. Karena posisinya di tengah, speaker sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Peletakkan center speaker dapat berada di atas ataupun di bawah layar TV. Jika penempatannya berada di atas layar TV, maka pastikan speaker berada di ujung atau sejajar dengan layar. Fungsinya untuk mengurangi distorsi yang diakibatkan dari efek pantulan dari kabinet TV.

6 . Surround Speaker
     Dalam sistem tata suara home theater, peran surround speaker sangat membantu menghadirkan efek ruang, sehingga efek suara yang dihasilkan dapat melingkupi seluruh ruang.
Penempatannya memang agak berbeda dengan front speaker dan center. Letaknya berada di sudut 90 derajat atau berada sejajar dengan telinga saat posisi duduk. Bila kurang dari 90 derajat, maka efek surround kurang menjangkau daerah di belakang posisi duduk kita.

7. Subwoofer
    Speaker ini berfungsi sebagai penghantar getaran frekuensi rendah. Pada umumnya, jenis subwoofer sudah dilengkapi dengan penguat daya tersendiri yang dikemas dalam satu kotak. Bahkan, speaker sudah dilengkapi dengan pengantur kontrol gain (volume) serta crossover aktif yang dapat diatur frekuensi rendahnya.

surround

logo-dolby-digital.jpg
1. Dolby adalah nama suatu system audio rumah tangga.

dts-logo.jpg


2. DTS (Digital Theater System) yaitu mengatur suara ke dalam 6 output sehingga menghasilkan suara menggelegar.
DTS 6 Output:
=> Speaker Depan Kanan (Front Right)
=> Speaker Depan Kiri (Front Left)
=> Speaker Tengah (Center)
=> Speaker Subwoofer (Bass)
=> Speaker Belakang Kanan (Rear Right)
=> Speaker Belakang Kiri (Rear Left)


logo-dolby-surround.png
A.) Dolby Surround => standar format rekaman audio yang meng-encode 4 kanal suara (Left, Right, Center, dan Surround) menjadi 2 kanal stereo.


logo-dolby-pro-digital-ii.jpg
B.) Dolby Pro Logic II => pengembangan dolby pro logic, bedanya Dolby Pro Logic II dapat meng code 5 kanal surround (Left, Right, Center, Left Surround dan Right Surround) dan rekaman stereo.


logo-dolby-digital-5-1.png
C.) Dolby Digital 5.1 => disebut juga Dolby Digital (DD) konfigurasi 5.1 memiliki 6 kanal suara terpisah, pada system audio ini ada 5 kanal utama (Right, Lift, Center, Right Surround, Left Surround) dan 1 kanal dengan notasi 0 & 1 yaitu kanal efect yang disebut LFE (Low Frekuency Effect).

dts-logo.jpg
D.) DTS Digital => memiliki 6 kanal suara dengan format 5.1 sama seperti DD ada kanal LFE yang membawa frekuensi rendah 2080 Hz.


logo-sdds.png
E.) SDDS (Sony Dinamic Digital Sound) => memiliki 6 atau 8 kanal suara (Right, Left, Right Center, Left Center, Center, Subwoofer, Right Surround, Left Surround) format DDS ini hanya ada untuk film bioskop dan belum diadopsi untuk konsumen rumah tangga.

                  sekin dari saya alex marz online anda koment saya pun senang

0 comments:

Posting Komentar

AbouT Me

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Ingin Belajar Dari Hasil Postingan Yang Saya Share Kembali, Saya Tidak Pintar ,Saya Tidak Mahir, Saya Pun Tidak Sok Tahu, Kami Ingin Lebih Mengenal Atau Kami Ingin Sekali Belajar !!

ViSiToR

-=Alex-Marz-Onlin=-

FaVoriT

Entri Populer